Jumat, 10 Februari 2012

HASIL RDP TUJUH GUBERNUR DG KOMISI IV DPR TENTANG PANGAN



Sejumlah poin kesepakatan yang dicapai dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR dengan tujuh gubernur dan eselon I Kementerian Pangan, Rabu (8/2) yang membahas tentang pangan.
Berikut hasil kesimpulan RDP Komisi IV DPR dengan tujuh gubernur:
Komisi IV meminta Direktorat Jendral Tanaman Pangan dan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produksi beras dan produksi tanaman pangan lainnya serta penganekaragaman konsumsi pangan guna menjamin dan memperkuat ketahanan pangan nasional.
Komisi IV bersama Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Lampung, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Tengah, Gubenur Sulawesi Selatan, Direktur Jendral Tanaman Pangan dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian sepakat untuk meningkatkan produksi beras dalam negeri dalam rangka mendukung program pemerintah surplus beras 10 juta ton tahun 2014 serta menyukseskan program penganekaragaman pangan. Untuk itu, Komisi IV meminta pemerintah meminimalkan importasi beras dan mengalokasikan beras impor ke daerah yang tidak surplus beras.
Komisi IV sepakat dengan Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Lampung, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sulawesi Selatan mendesak pemerintah untuk segera menetapkan HPP gabah/beras pada tingkat harga yang melindungi pendapatan petani padi dan memberikan kesempatan kepada perum Bulog untuk membeli gabah/beras sesuai dengan harga pasar.
Komisi IV meminta pemerintah untuk menindaklanjuti masukan dari Gubernur Sumatera Utara, Gubernur sumatera Selatan, Gubernur Lampung, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sulawesi Selatan terhadap permasalahan pertanian yang ada di daerah masing-masing dengan program sapta usaha tani, antara lain infrastruktur pertanian, sarana dan prasarana pertanian dalam mendukung pencapaian program surplus 10 juta ton tahun 2014.
Komisi IV DPR sepakat dengan Gubernur Sumatera Utara, Gubernur sumatera Selatan, Gubernur Lampung, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sulawesi Selatan untuk meminta pemerintah mengurangi impor gandum, daging dan hortikultura serta meningkatkan produksi sumber pangan karbohidrat, protein, dan lemak yang lebih beragam dalam rangka mendorong diversifikasi konsumsi pangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar