Jumat, 30 Agustus 2013

Bulog Belum Kantongi Izin Impor Kedelai Surat izin bagi para importir akan keluar pada pekan ini.

Kementerian Perdagangan berjanji akan menyelesaikan surat perizinan impor (SPI) kedelai bagi puluhan importir, termasuk kepada Perum Bulog.

Namun, Dirut Bulog, Sutarto Alimoeso, kepada VIVAnews, Jumat 30 Agustus 2013, mengaku belum mendapatkan surat tersebut. "Sampai kemarin sore, kami mengecek dan kelihatannya belum diberi. Suratnya belum ada. Ya, pagi ini kami akan mengecek ulang," kata dia.

Sutarto mengatakan, Bulog belum mengetahui kapan mereka akan memasok kedelai dan berapa besarnya. Sebab, mereka belum menerima surat tersebut. BUMN ini akan menyikapi perizinan impor itu jika sudah mendapatkan suratnya.

"Tentunya, kami akan mempelajari eksportir itu dapat kedelai dari mana saja. Apalagi, sekarang waktunya sudah mepet. Kami akan mencari mana yang menjual kedelai," ujarnya.

Lalu, dia menjelaskan bahwa pengadaan kedelai impor di Indonesia tidak bisa dilakukan secara singkat. Sebab, semuanya itu memerlukan waktu, seperti ketersediaan kedelai di negara pemasok.

"Bisnis kan, timing. Kapan kedelai diproduksi di negara asal. Kapan ada waktunya jual dan panen. Kondisi itu yang kami perlukan sejak awal. Pengadaan ini tidak serta-merta dilakukan secara singkat," kata dia.

Kendati demikian, Sutarto menuturkan, Bulog telah mengontak negara-negara produsen kedelai seperti Amerika Serikat tentang importasi bahan pangan ini. "Kami sudah mengontak AS, India, dan Brasil," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, mengatakan, pemerintah akan mengurus perizinan impor kedelai bagi 22 importir, termasuk perusahaan pelat merah ini. Perizinan memasok kedelai dari luar negeri ini bertujuan untuk menjaga stabilitas harga hingga akhir tahun ini. Surat izin bagi para importir akan keluar pada pekan ini.

"SPI Bulog? Minggu ini, sebelum Jumat, semuanya keluar," kata Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, usai mengikuti rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa lalu.

Sumber : http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/440269-bulog-belum-kantongi-izin-impor-kedelai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar