Rabu, 06 April 2016

Daftar Harga Beras yang Dibeli Bulog dari Petani

Memasuki musim panen, harga gabah dan beras pada tingkat petani mulai mengalami penurunan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata harga gabah kering panen pada tingkat petani mencapai Rp4.703 per kg atau mengalami penurunan sebesar 9,76 persen dibandingkan pada bulan sebelumnya.

Sedangkan pada tingkat penggilingan, harga gabah kering panen tercatat mencapai Rp4.783 per kg atau mengalami penurunan sebesar 9,72 persen.

Untuk mencegah penurunan harga ini, Bulog telah menetapkan standar harga agar harga para petani tidak mengalami kerugian pada saat memasuki panen raya. Sebab, Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti memperkirakan bahwa Indonesia mulai memasuki puncak musim panen raya. Sehingga butuh standar harga yang dapat digunakan untuk mencegah kerugian bagi para petani.

Menurut Djarot, saat ini Bulog mematok harga beras sebesar Rp7.300 per kilogram (kg). Sedangkan harga gabah kering giling dipatok sebesar Rp4.600 per kg. Untuk gabah kering panen, Bulog mematok harga sebesar Rp3.000 per kg.

Namun, dengan penetapan harga ini bukan berarti Bulog tidak sanggup untuk membeli harga beras dan gabah di atas harga standar. Menurut Djarot, Bulog masih dapat melakukan pembelian gabah dan beras kepada petani di atas harga standar dalam batas harga yang wajar.

"Misalnya ada yang menyatakan, 'Pak kami menjual (gabah kering panen) Rp3.750 (per kg) apakah Bulog tidak bisa membeli,' bisa," kata Djarot saat ditemui usai rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Untuk diketahui, saat ini petani harus menanggung penurunan harga gabah dan beras pada saat memasuki musim panen raya. Hal ini bahkan juga menyebabkan tingkat kesejahteraan petani menurun. Berdasarkan data BPS, nilai tukar petani (NTP) pada Maret 2016 turun 0,89 persen dibandingkan bulan sebelumnya.
NTP Maret tercatat sebesar 101,32 atau lebih kecil dibanding NTP Februari 2016 sebesar 102,23.

http://economy.okezone.com/read/2016/04/06/320/1355537/daftar-harga-beras-yang-dibeli-bulog-dari-petani



Tidak ada komentar:

Posting Komentar