Rabu, 25 Juni 2014

Pemerintah Akan Impor Beras Hingga 500 Ribu Ton

Kementerian Pertanian (Kementan) akan melakukan importasi beras sebanyak 500 ribu ton. Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Rusman Heriawan mengatakan hal ini dilakukan untuk menjaga persediaan saat gejala alam El Nino yang akan bisa berlangsung beberapa bulan mendatang.

"Argumentasinya adalah begini, bahwa peristiwa El Nino juga tiap tahun akan terjadi yang penting jangan sampai produksi yang bisa dicapai turun dari jumlah itu. Jadi bagaimana kita bisa mempertahankan volume produksi," ujar Rusman di Gedung Kementerian Perdagangan (Kemendag) Jakarta, Selasa.

Ia menjelasakan saat ini beras dari petani lokal masih cukup pasakon, Namun untuk berjaga-jaga, rencana impor 500 ribu ton beras tersebut perlu dipertimbangkan. Sebanyak 200 ribu ton untuk beras premium dan 300 ribu ton untuk beras medium.

"Karena premium itu sebenarnya enggak ganggu harga dalam negeri. Mungkin yang 300 ribu ton baru medium," jelasnya.

Ia menambahkan rencana impor tersebut hanya disiapkan saja untuk memperkuat cadangan beras di dalam negeri. Bukan berarti harus langsung dieksekusi.

"Jadi eksekusi itu hal yang berbeda dengan perencanaan. Jadi jangan kalau kita bicarakan kemungkinan impor lalu seolah- olah kita mau mengimpor. Tidak, tetapi kemungkinan impor itu dimaksudkan agar kita lebih prepare," tuturnya.

http://www.108jakarta.com/news/2014/06/25/50076/Pemerintah-Akan-Impor-Beras-Hingga-500-Ribu-Ton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar