Kamis, 09 Juli 2015

Bulog Borong Cabai Petani untuk Stabilkan Harga



Perum Bulog memilih memborong cabai secara langsung ke petani sebagai salah satu cara untuk menstabilkan harga cabai yang terus naik.

Direktur Keuangan Perusahaan Umum Bulog Iryanto Hutagaol mengatakan, pihaknya berencana untuk membeli 7-10 ton cabai yang diproduksi sentra cabai Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Jawa Barat. Rencananya, cabai tersebut di distribusikan ke Palembang, Sumatera Selatan.

"Sekarang ini kita target mau beli 7-10 ton. Nanti kita panen tiga hari lagi," kata Iryanto di Selabintana, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu.

Dikatakan, Perum Bulog berkomitmen untuk memperkuat hubungan dengan petani. Selama ini, petani menjual hasil pertaniannya ke tengkulak atau pedagang eceran."Bulog ikut membeli ke patani langsung dan menjual ke pasar," ujarnya.

Dalam hal ini, tuturnya, Perum Bulog berperan sebagai penyeimbang di mana ketika pedagang pasar di Palembang mencari komoditas cabai untuk dijual, Bulog mempunyai stok untuk di distribusikan sehingga mendorong stabilitas harga.

"Prinsipnya kita hanya untuk stabilisasi bukan untuk stok seluruh pangan, hanya 'buffer'-nya saja. 'Buffer'-nya kan tidak harus banyak, yang penting saat petani butuh stabilitas harga, kita ada," tandasnya.

http://108jakarta.com/news/2015/07/09/72511/Bulog-Borong-Cabai-Petani-untuk-Stabilkan-Harga-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar