Selasa, 28 Juli 2015

Bulog Diminta Serap 300.000 Ton Beras dalam 3 Bulan dari Jateng

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menuturkan bahwa pada Juli hingga September ini akan ada panen seluas Rp 500.000 ha di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Dengan perhitungan rata-rata produktivitas per hektar (ha) mencapai 6 ton gabah kering giling (GKG), maka produksi bisa mencapai 3 juta ton GKG.

"Total luas panen Jawa Tengah kurang lebih 500 ribu ha dari Juli-September dalam 3 bulan. Kalau rata-rata per hektar menghasilkan 6 ton, bisa menghasilkan 3 juta ton GKG," ujar Amran dalam keterangan tertulisnya di Klaten, Senin (27/7).

Dari produksi sebanyak 3 juta ton GKG tersebut, Amran meminta Perum Bulog untuk menyerap setidaknya 500.000 ton GKG atau sekitar 300.000 ton beras.

"Harapannya Bulog nantinya bisa menyerap beras petani, kami minta Bulog minimal 500 ribu ton. Mulai hari ini bergerak," tandasnya.

Amran yakin Bulog dapat menyerap beras sebanyak itu dari Jawa Tengah. Apalagi, Bulog baru saja mendapatkan suntikan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 3 triliun.

Ditambah dengan sumber-sumber pendanaan lain, total Bulog mempunyai modal sebesar Rp 30 triliun. "Dana yang siap ada di Bulog termasuk untuk komersil ada kurang lebih Rp 30 triliun," ucapnya.

Pihaknya juga meminta para petani agar mau menjual sebagian besar gabah dan berasnya kepada Bulog untuk memperkuat stok Bulog. Jika stok Bulog di akhir tahun dapat mencapai 1,5 juta ton beras, impor tak perlu dilakukan.

"Kami minta produksi ini sebagian besar diserahkan kepada Bulog agar kita tahun ini tidak impor beras, kami yakin itu bisa," dia menegaskan.

Lebih lanjut, Amran optimis tahun ini Indonesia tak perlu mengimpor beras. Pasalnya, produksi padi berdasarkan Angka Ramalam I (Aram I) BPS mencapai 75,5 juta ton GKG, meningkat 5,5 juta ton dibanding tahun 2014.

Diperkirakan tahun ini masih ada surplus beras hingga 10 juta ton. "Kami yakin itu bisa. Kita akan menyerap mulai hari ini, dananya sudah siap," tutupnya.

http://www.gatra.com/ekonomi-1/makro/157831-bulog-diminta-serap-300-ribu-ton-beras-dalam-3-bulan-dari-jateng%E2%80%8F.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar