Rabu, 29 Juli 2015

Bulog kembali dipercaya jadi pemasok kebutuhan pokok

Badan Urusan Logistik (Bulog) bakal kembali dipercaya sebagai badan penyangga dan stabilisator harga, dengan menjadi pemasok bahan kebutuhan pokok di 5.000 pasar yang hendak dikembangkan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Untuk memotong mata rantai perdagangan, Bulog langsung membeli bahan kebutuhan pokok dari produsen dan memasok ke para pengecer di pasar. Bahan pangan yang dipasok bukan hanya beras dan gula, melainkan juga kedelai, daging sapi, telur, ayam, hingga cabai dan sayur-mayur.

“Untuk membeli bahan pangan dari Bulog, para pengecer mendapatkan dana dari koperasi di mana mereka menjadi anggota. Saya yakin, kehadiran koperasi dan Bulog yang berperan sebagai badan penyangga dan stabilisator harga akan mampu menstabilkan harga pangan,” kata Mendag Rachmat Gobel, Minggu(26/7/2015).

Tahun ini, Kemendag membangun 1.000 pasar dari 5.000 pasar yang dibangun dalam lima tahun. Setiap pasar yang dibangun dilengkapi jaringan teknologi komunikasi untuk mempermudah informasi pasokan dan harga. Dengan telekomunikasi yang baik, setiap saat perkembangan pasokan dan harga di seluruh Indonesia bisa dipantau.

“Pemerintah memotong mata rantai perdagangan agar harga bahan kebutuhan pokok tidak lagi dipermainkan para pedagang. Dengan kehadiran Bulog, ruang bagi mafia perdagangan kita tutup,” ungkap Mendag.

http://www.kabarbisnis.com/read/2859367/bulog-kembali-dipercaya-jadi-pemasok-kebutuhan-pokok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar