Minggu, 15 Maret 2015

Dirut Bulog : Benar Ada ‘Beras Siluman’ Masuk Pasar Induk Cipinang

Soal ‘beras siluman’, Direktur Utama Bulog Lenny Sugihat membenarkan, telah menemukan adanya 'beras siluman' masuk ke Pasar Induk Cipinang awal Februari lalu. Jumlahnya sebanyak 1.800 ton masuk ke Pasar Cipinang tetapi tidak melalui delivery order (DO) dari gudang Bulog.

"Pengiriman itu ditengarai ilegal karena beras yang dikirim itu tercantum milik Bulog tetapi bukan agen distribusi dari Bulog yang mengirimnya," kata Lenny.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengungkapkan, ada mafia beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, terkait distribusi ilegal beras operasi pasar (OP) Perum Bulog. Gobel juga sempat menemukan kasus beras OP Bulog yang dioplos di Cakung, Jakarta Timur, pada 18 Januari 2015 lalu, soal mafia beras.

Terkait dugaan distribusi ilegal beras Bulog, Gobel beralasan karena mulai awal Februari 2015 pemerintah dan Perum Bulog menghentikan OP beras Bulog ke para pedagang di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur. Bulog memilih mendistribusikan beras langsung ke pasar tradisional dan masyarakat dengan melibatkan Kodam Jaya.

"Setelah kita melakukan ini, saya mendapat laporan beras masuk bukan dari gudang Bulog. Ada beras Bulog masuk ke Cipinang. Siapa yang masukin tuh barang. Ini ada nih," tegas Gobel.

Ia mengungkapkan, jumlah beras Bulog cukup banyak, yaitu mencapai 1.800 ton. Pemasukan beras Bulog ke Pasar Induk Cipinang dinilai dilakukan secara illegal. Pasalnya, tidak ada dokumen delivery order (DO) yang dikeluarkan Bulog ke Pasar Induk Cipinang. "Tanggal 2 Februari masuk 220 ton, tanggal 3 Februari masuk kembali 360 ton. Beras siapa nih bisa masuk? berarti ada permainan di sini. Ini yang mengatakan ada mafia beras," kata Gobel.

Setelah itu, beras Bulog kembali masuk ke Pasar Induk Cipinang pada 18 Februari 2015 sejumlah 60 ton. Gobel berkomitmen akan menindak siapapun oknum yang bermain. "Namanya juga pedagang kalau mau untung. Sekarang mereka mau coba main-main sama pemerintah. Kalau begitu besok kita tindak. Ini yang mesti kita lakukan dan bersihkan mafia beras," tekan Gobel.

http://www.agrofarm.co.id/read/pertanian/2084/dirut-bulog-benar-ada-beras-siluman-masuk-pasar-induk-cipinang/#.VQVIZPAppyw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar