Selasa, 13 Oktober 2015

Diam-Diam Pemerintah Impor Beras Dari Vietnam

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) secara tidak langsung membenarkan pemerintah telah memutuskan untuk mengimpor beras dari Vietnam.

Dengan alasan berhati-hati akibat fenomena elnino, impor beras dikatakannya penting untuk menjaga stok atau cadangan beras Nasional.

"Ini (impor) kan unsur kehati-hatian kita dalam menghadapi elnino. Unsur kehatian musti ada cadangannya. Itu untuk menjaga kehati-hatian supaya masyarakat nanti tidak kesulitan dalam bulan November sampai Desember ini. Kehati-hatian," ujar JK ketika ditanya kepastian impor beras dari Vietnam, Senin (12/10).

Lebih lanjut, JK hanya mengatakan bahwa proses impor sudah lama dibicarakan dan sesuai dengan hasil rapat dengan presiden serta sejumlah menteri.

Kabar mengenai impor beras diketahui dari pemberitaan media di Vietnam, The Saigon Times yang mengatakan bahwa telah tercapai kesepakatan impor beras antara Kementerian Perindustrian Indonesia dengan Kementerian Perdagangan Vietnam.

Dalam media tersebut, ditulis bahwa Vietnam memenangkan kontrak untuk memasok beras 1 juta ton ke Indonesia yang kan dikirim selama enam bulan, yaitu mulai Oktober tahun ini hingga Maret 2016.

Bahkan, Direktur Thinh Phat Co Ltd, Lam Anh Tuan memaparkan beras untuk Indonesia terdiri dari 750.000 ton dengan kualitas patahan 15 persen dan 250.000 ton beras dengan patahan 5 persen atau beras premium.

http://sp.beritasatu.com/home/diam-diam-pemerintah-impor-beras-dari-vietnam/98565

Tidak ada komentar:

Posting Komentar