Rabu, 21 Oktober 2015

Jokowi Akui Telah Pesan Beras untuk Diimpor

Pemerintah dikabarkan telah memesan beras impor. Namun Presiden Joko Widodo belum memutuskan apakah beras yang telah dipesan itu akan masuk ke dalam negeri.
“Jadi belum diputuskan, tapi berasnya sudah ada,” kata Jokowi di Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2015.

Jokowi berujar, beras tersebut saat ini berada di luar negeri dan dapat dikirim ke Indonesia kapan pun dibutuhkan. Impor sendiri dilakukan hanya untuk memperkuat cadangan beras nasional.

Menurut Jokowi, keputusan impor baru akan diambil setelah pihaknya mengkaji dampak El Nino dan perkembangan iklim di dalam negeri. Apabila musim panas masih terus berlanjut hingga November 2015, pemerintah akan mengambil keputusan impor.

“Kalau pekan ketiga dan keempat Oktober 2015 hujannya masih ragu-ragu dan memang diperlukan, beras akan ditarik ke Indonesia,” tutur Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla membenarkan bahwa pemerintah mengimpor beras dari Vietnam sebanyak 1 ton dengan tujuan menjaga pasokan pangan pada akhir 2015. Jawaban Kalla mengkonfirmasi adanya kabar terkait dengan pembelian beras yang diembuskan media nasional Vietnam.

Menurut JK, pembelian beras dari Vietnam itu sesuai dengan hasil rapat yang dilakukan pemerintah beberapa waktu lalu. Intinya, impor dilakukan sebagai antisipasi dalam mengatasi kesulitan pangan pada November dan Desember 2015.


http://m.dev.tempo.co/read/news/2015/10/21/090711619/Jokowi-Akui-Telah-Pesan-Beras-untuk-Diimpor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar