Kamis, 07 Mei 2015

Bulog Serap Beras Bersaing Dengan Tengkulak

Bulog Banyumas melakukanpengamanan untuk stok beras pada bulan puasa maupun Lebaran. Upaya itudilakukan dengan membeli langsung dari petani dengan cara mendatangimasing-masing petani. Hal tersebut dilakukan agar pihak Bulog tidak didahului oleh para tengkulak yang siap memborong beras.

Hal tersebut seperti yangdisampaikan oleh Humas Bulog Banyumas, M Priyono kepada wartawan, Selasa (6/5)kemarin. Ia mengakui jika saat ini pihaknya harus bersaing dengantengkulak-tengkulak yang siap memborong. 

"Satgas UnitPengelola Gabah Beras (UPGB) kami langsung jemput bola ke petani, pengepul, danpenggilingan. Mereka terjun ke lapangan langsung untuk bersaing dengan paratengkulak yang sudah mulai membeli untuk stok menjelang puasa maupunlebaran," katanya.

Per harinya, dari programjemput bola oleh Satgas Bulog, setiap harinya pihak Bulog dapat menyerap700-800 ton beras. 

"Hingga hari inijumlah penyerapan mencapai 9.750 ton beras, dan kami akan terus melakukanpenyerapan secara besar-besaran hingga nanti mampu mencapai target 62 ributon," kata dia.

Masih menurut Priyono untuk stok penyerapan stok raskin pada tahun 2014 hanya mampu memenuhikebutuhan masyarakat hingga bulan Juni mendatang. 

"Untuk Juli dan berikutnya, pelayanan raskin akan bergantung pada penyerapan tahun 2015, yakni dengan beras baru hasil dari pengadaan tahun 2015," kata dia.

Terlebih lagi, saat iniberas sudah mengalami kenaikan, walaupun jumlahnya belum segnifikan, sekitar Rp100 dari harga sebelumnya Rp 6.900 menjadi Rp 7.000 per kilogramnya untuk jenisIR 64. 

"Kenaikan tersebutdiakibatkan area panen yang mulai sedikit, sehingga harga juga terdongkrak.Oleh karena itu, kami terus ke lapangan untuk mencari beras agar dapat diserapoleh Bulog," katanya.

Untuk menampung beras,Priyono mengatakan, Bulog Banyumas telah menyiapkan dua gudang khusus diKalikabong, Purbalingga. 

"Nantinya berastersebut bakal diolah kembali oleh empat UPGB untuk memenuhi persyaratan masukke Gudang Bulog. Bahkan, untuk mempercepat, mereka (UPGB, red), bekerja selama24 jam tanpa henti," katanya.

http://satelitnews.co/berita-bulog-bersaing-serap-beras-dengan-tengkulak-.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar