Kamis, 07 Mei 2015

Menteri Rini: Perum Bulog Tidak Dibubarkan!

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan, Perum Bulog tidak akan dibubarkan walaupun kinerja BUMN yang mengelola, menstabilkan dan mendistribusikan beras miskin ini disorot banyak pihak.

Wacana pembubaran ini pernah disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mewacanakan untuk membubarkan Perum Bulog, lantaran kinerja Bulog yang dinilai gagal menstabilkan harga dan pendistribusian beras miskin.

"Kita lihat fungsinya Bulog, yang persiapkan Bulog adalah beras untuk rakyat miskin, dengan harga yang rendah dapat dibeli rakyat miskin. Bahwa Bulog dapat beli beras stok nasional. Kalau mereka belum baik, kita perbaiki. Tidak boleh dibubarkan," tegas Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Rini menjelaskan, jika Perum Bulog dibubarkan, nantinya yang semakin kesulitan adalah masyarakat karena tidak ada lembaga untuk mengakses beras miskin. Terlebih lagi, pemerintah harus membentuk badan seperti Perum Bulog.

"Kalau dibubarkan, adakah badan lain seperti Perum Bulog? Kalau misalnya dibubarkan itu harus ada alternatif institusi baru sehingga masyarakat tidak terbebani dengan beras miskin. Itu yang harus dikaji lagi ya," tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mewacanakan pembubaran Badan Urusan Logistik (Bulog). Perusahaan BUMN ini dinilai tidak mampu menyelesaikan berbagai permasalahan terkait dengan pengelolaan beras.

"Kalau menangani urusan kecil seperti mengurus beras dan membeli beras hasil panen dari petani saja tidak bisa, ya dibubarkan saja," kata Mendagri Tjahjo Kumolo.

http://economy.okezone.com/read/2015/05/07/320/1146231/menteri-rini-perum-bulog-tidak-dibubarkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar