Kamis, 21 Mei 2015

Cara Membuat ‘Beras Plastik’

Beras plastik ditemukan di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (19/5). Beras plastik juga dikabarkan telah beredar di negara Asia lainnya seperti Singapura, Malaysia dan India.

Sejumlah daerah langsung melakukan sidak guna memastikan tidak ada ‘beras plastik’ di daerahnya masing-masing. Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, juga memastikan bahwa pemerintah tidak membuka kran impor beras. Sehingga, jika ada ‘beras plastik’ masuk wilayah Indonesia, maka itu berarti beras selundupan.

Terlepas dari itu, yuk kita lihat cara pembuatan ‘beras plastik’ berikut ini.

 Beras plastik tidak sepenuhnya berbahan baku plastik. ‘’Ini ‘beras’ terbuat dari campuran kentang, ubi dan plastik,’’ sebut laporan yang dikutip dari situs straitstimes.

Dalam proses pembuatannya, pertama adalah kentang dan ubi dicampur merata lalu dibentuk menjadi bentuk butiran beras.

Adonan campuran kentang dan ubi yang sudah dibentuk seperti butiran beras itu kemudian dicampur dengan resin sintetis.

‘’Beras ini dibuat dengan mencampur bahan kentang dan ubi bersama-sama, membentuknya menjadi butiran beras, dan kemudian menambahkan ‘resin industri’ sebagai bahan pengikat,’’ sebut laporan tersebut.

Situs Very Vietnam menyebut resin ini bisa sangat berbahaya jika dimakan. Resin sulit untuk dicerna sehingga memakan beras plastik seperti benar-benar sedang memakan plastik.

‘’Campur kentang, ubi jalar dengan resin sintetis dan berbentuk dalam bentuk butiran beras yang nyata dan tidak peduli berapa lama beras dimasak, tidak pernah bisa menjadi lembut.’’

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/05/21/nono26-ini-cara-produksi-beras-plastik-part1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar