Kamis, 30 April 2015

Selain Tingginya Harga, Ini Penyebab Lain Bulog Sulit Lakukan Pengadaan

Tingginya harga beras di pasar yang melebihi HPP, bukan menjadi satu-satunya penyebab Bulog kesulitan melakukan pengadaan beras maupun gabah di lapangan.

Kepala Subdivre Bulog Lebak Herman Sadik membenarkan bahwa harga beras maupun gabah di lapangan memang lebih tinggi dibanding HPP, bahkan selisih yang cukup lebar sudah dimulai pada saat awal panen.

Adapun, karena di kawasannya panen dimulai lebih dini, banyak pengusaha dari luar wilayah Banten yang sudah mengantre untuk memborong gabah. Pada akhirnya, itu menjadi hambatan penyerapan. Masalah kualitas juga memiliki dampak yang membuat penyerapan agak sulit, kata Herman.

Bulog memang cukup tegas dalam penerapan standar kualitas. Berdasarkan Inpres baru tersebut, pembelian gabah kering panen diperuntukkan untuk yang memiliki kadar air maksimum 25% dan kadar hampa maksimum 10%.

Sedangkan untuk gabah kering giling, kualitas kadar air maksimum sebesar 14% dan kotoran maksimum 3%. Adapun untuk pembelian beras, kualitas kadar air maksimum sebesar 14% dan butir patah maksimum 20%.

Menurut Herman Sadik, gabah maupun beras dari petani mau tidak mau haris ditolak jika tidak memenuhi persyaratan tersebut. Peraturan kandungan kadar air sendiri berpengaruh terhadap ketahanan gabah/beras pada waktu penyimpanan.

Yang menjadi kendala adalah ketika terjadi hujan. Di Lebak, sudah 3 hari berturut-turut hujan, sehingga petani susah melakukan pengeringan, kata Herman.
+
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Neng Nurcahyati mengatakan kondisi yang terjadi adalah, rice milling unit (RMU) yang ada masih sangat terbatas, fasilitasi RMU juga belum optimal, sementara itu kebutuhan dryer juga sangat tinggi ketika memasukimusim hujan.

Pihaknya saat ini sedang mengupayakan untuk meningkatkan fasilitas-fasilitas pascapanen tersebut melalui APBN, terutama untuk fasilitasi RMU dan lantai jemur, sebagai antisipasi masalah-masalah yang menjadi kendala saat ini.

http://indonesia.shafaqna.com/ID/ID/380533-Selain-Tingginya-Harga-Ini-Penyebab-Lain-Bulog-Sulit-Lakukan-Pengadaan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar