Kamis, 30 April 2015

Direktur: Bulog Berupaya Penuhi Target Pengadaan Beras

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Perum Bulog Herman Hidayat mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan Bulog di daerah untuk berupaya melakukan terobosan guna memenuhi target pengadaan gabah dan beras yang ditetapkan pemerintah. "Setiap Divisi Regional (Divre) Bulog di daerah, termasuk Sulteng harus bisa memenuhi target pengadaan," katanya di Palu, Rabu (29/4).

Herman mengatakan jika target tidak terpenuhi, dipastikan berpengaruh besar terhadap target nasional. "Makanya, agar target pengadaan gabah dan beras nasional bisa terealisasi, setiap daerah harus maksimal melakukan pembelian," jelasnya.

Untuk bisa menyerap produksi petani, Bulog di masing-masing daerah di Tanah Air perlu melakukan terobosan. Terobosan dimaksud, antara lain menjalin kerja sama dengan pengusaha penggilingan padi yang ada di sentra-sentra produksi. "Kemitraan dengan pengusaha penggilingan padi perlu diperkuat." ujarnya.

Begitu pula dengan gabungan kelompok petani (gapoktan) dan instansi terkait, yakni Dinas Pertanian tingkat provinsi, kabupaten dan kota. "Karena yang lebih tahu soal sebaran sawah dan panen adalah Dinas Pertanian yang ada di provinsi itu," kata Herman.

Selain itu, Bulog juga harus jemput bola. Artinya, kata Herman, Bulog turun langsung ke sawah dan mengajak petani untuk menjual gabah atau beras kepada Bulog. Satgas-satgas Bulog yang ada dioptimalkan melakukan pembelian gabah dan beras.

"Jika terobosan dimaksud dapat dilakukan Bulog, niscaya target pengadaan terpenuhi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan justru melampaui target," katamya.

Sementara Kepala Perum Bulog Sulteng Mar'uf mengatakan bahwa selama ini telah berkerja sama dengan kelompok tani, gapoktan dan instansi terkait dalam merealisasi pengadaan beras di daerah ini. "Terobosan itu sudah kami lakukan. Hanya saja petani di Sulteng enggan menjual gabah," katanya.

Selama beberapa tahun terakhir, pengadaan gabah nihil. "Kami pernah membeli gabah dan ada realisasi, tetapi sangat kecil pada 2003," kata dia.

Bulog Sulteng pada 2015 ini menargetkan pembelian beras sebanyak 36 ribu ton dan realisasi sampai sekarang baru 1.800 ton.

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2015/04/30/161242/direktur-bulog-berupaya-penuhi-target-pengadaan-beras/#.VUJM5lKrEjQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar