Kamis, 03 April 2014

KPK Temukan Adanya Indikasi Permainan Kartel dalam Distribusi Raskin

KPK meminta pemerintah mendesain ulang program Raskin. Lembaga antikorupsi ini menemukan adanya dugaan permainan kartel dalam distribusi beras yang dikhususkan untuk warga tak mampu ini.

"Ada indikasi jaringan kartel dalam Raskin ini," ujar Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di kantornya, Jl Rasuna Said, Jaksel, Kamis (3/4/2014).

Oleh karena itu, jika program yang sudah berumur 15 tahun ini ingin terus dilakukan, harus didesain ulang. Ada sejumlah sektor yang harus dibenahi.

Pertama, dengan melakukan review terhadap kebijakan subsidi Raskin secara komprehensif dengan memperhitungkan berbagai faktor untuk mencapai ketepatan sasaran program. Faktor itu antara lain, penataan ulang kelembagaan program, penajaman metode penetapan target tepat sasaran, perbaikan tata laksana, perbaikan kualitas beras dan peningkatan pemahaman seluruh pihak yang terlibat.

"Kedua, juga agar pemerintah memperbaiki kebijakan dan mekanisme perhitungan subsidi agar lebih transparan dan akuntabel," ujar Busyro.

Mantan ketua KY ini juga meminta pemerintah agar memperkuat sistem pengawasan dan pengendalian dalam pelaksanaan program subsidi Raskin. "Subsidi Raskin ini salah satu national interest KPK," kata Busyro.

http://news.detik.com/read/2014/04/03/185922/2544935/10/kpk-temukan-adanya-indikasi-permainan-kartel-dalam-distribusi-raskin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar