Rabu, 09 Maret 2016

Bulog Jateng Komitmen Bantu Daerah Lain

Bulog Divisi Regional Jawa Tengah berkomitmen membantu daerah lain khususnya daerah yang bukan merupakan sentra produksi beras.

"Semangat kami bukan lagi mandiri karena pada tahun lalu kami sudah mandiri beras, tetapi bagaimana kami bisa berkontribusi kepada daerah lain," kata Kepala Bulog Divisi Regional Jawa Tengah Usep Karyana di Semarang, Rabu.

Menurut dia, walaupun target awal penyerapan beras oleh Bulog Divisi Regional Jateng pada tahun 2016 sebanyak 615 ribu ton, diharapkan realisasi penyerapan bisa lebih dari itu.

"Kalau bisa lebih dari itu akan sangat bagus, kalau perlu 1 juta ton karena Jawa Tengah kan sentra produksi," katanya.

Upaya untuk mengoptimalkan penyerapan tersebut di antaranya sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jateng untuk mendorong agar pengadaan melalui mitra kerja dapat dioptimalkan. Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan kelompok tani.

Untuk menyentuh tingkat petani, pihaknya menerjunkan 12 satuan kerja dengan masing-masing tim satker beranggotakan banyak staf Bulog.

"Satker ini nantinya terjun ke lapangan agar cepat dapat informasi dari tingkat petani, kalau misalnya ada informasi tentang harga jatuh harus cepat ke lokasi untuk mengambil tindakan. Dengan begitu kami bisa segera melakukan penyerapan," katanya.

Menurut dia, satker akan diterjunkan ke daerah-daerah yang pada saat itu sedang melakukan panen. Untuk saat ini, beberapa daerah di Jateng yang sudah melakukan panen di antaranya di Demak, Grobogan, Pati, dan Sragen.

"Nantinya mereka akan bergerak ke daerah lain yang juga melakukan panen di antaranya ke Cilacap dan Banyumas," katanya.

http://www.antarajateng.com/detail/bulog-jateng-komitmen-bantu-daerah-lain.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar