Rabu, 09 Maret 2016

Bulog kendalikan 11 bahan pangan?

Peraturan Presiden (perpres) yang memberikan penugasan kepada Perum Bulog untuk menstabilkan 11 komoditas pangan pokok selain beras, belum juga terbit. Padahal, sempat berhembus kabar kalau penugasan tersebut dipangkas menjadi tiga pangan pokok saja yakni beras, kedelai dan jagung.

Namun berdasarkan informasi terbaru, muncul wacana untuk mengembalikan penugasan 11 komoditas pangan pokok ke Bulog. Komoditas itu meliputi beras, kedelai, jagung, daging sapi, daging ayam, gula, telur, cabai, bawang, terigu dan minyak goreng.

Wahyu, Direktur Pengadaan Bulog mengatakan sampai sekarang kabar soal penugasan Bulog tersebut masih terus berkembang. Setelah ada wacana menstabilkan tiga komoditas pangan pokok saja, kembali lagi berhembus kabar dikembalikan ke wacana semula.

"Diskusi berkembang, dari menstabilkan 11 komoditas pangan menjadi tiga, tapi kedengarannya balik lagi ke-11," ujar Wahyu di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (8/3).

Kepastian penugasan kepada Bulog baru akan diketahui setelah terbitnya perpres penugasan. Namun hingga kini, Bulog masih menunggu beleid itu.

Terkait penugasan, ia bilang, Bulog selalu siap, apakah akan ditugaskan menjadi stabilisator 11 komoditas pangan pokok atau hanya tiga saja. Menurutnya, posisi Bulog harus selalu siap, baik itu kesiapan dari segi baik permodalan yang selama ini dipinjam dari perbankan, infratruktur seperti gudang, coldstorage dan Sumber Daya Manusia.

"Semakin cepat perpres itu keluar, semakin cepat kita bisa bergerak dengan payung hukum perpres tadi," imbuhnya.

Wahyu mengakui, kalau perpres penugasan kepada Bulog untuk menstabilkan harga komoditas pangan selain beras sangat penting. Sebab tanpa ada perpres, maka BUMN pangan ini tidak memiliki payung hukum sebagai landasan untuk menstabilkan harga pangan selain beras.

Namun bila perpres sudah terbit, maka Bulog bisa bergerak cepat mempersiapkan infrastruktur, pendanaan dan kerjasama dengan pihak lain untuk menjalankan penugasan tersebut.

 http://nasional.kontan.co.id/news/bulog-kendalikan-11-bahan-pangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar