Rabu, 12 Februari 2014

BPK Temukan Tiga Lobang Impor Beras

Meski belum selesai dengan audit importasi beras, Badan Pemeriksa Keuangan sudah menyoroti tiga titik lemah dari mekanisme yang ada selama ini. Ada beberapa lubang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 12/M-DAG/PER/42008 tentang Ketentuan Impor dan Ekspor Beras, termasuk konflik kepentingan surveyor beras.

Kepala BPK Hadi Poernomo menjelaskan lubang itu ada di Pasal 11 Permendag ayat 4 yakni surveyor yang ditunjuk menteri perdagangan dapat memungut imbalan jasa yang diberikan dari importir atau eksportir yang besarannya ditentukan dengan memerhatikan asas manfaat. "Surveyor ditunjuk Kemendag tapi biaya verifikasi di luar itu dibayar importir. Ini kan conflict of interest dengan importir. Harusnya yang bayar itu negara," ujar Hadi ketika berbincang dengan Media Indonesia via sambungan telepon, Rabu (12/2) malam.

Catatan kedua BPK ialah yang diverifikasi surveyor pada importasi beras. Dalam Pasal 6 beras impor untuk keperluan tertentu harus diperiksa jenis dan volume berasnya, negara asal, nama dan alamat importir, serta tingkat kepecahan. Namun, tingkat kepecahan beras diperiksa apabila dipersyaratkan. "Harusnya 'apabila dipersyaratkan' ini dibuang. Yang benar tingkat kepecahan wajib diperiksa sehingga diketahui dengan nyata," ujar Hadi.

Tingkat kepecahan menjadi indikator beras tersebut masuk kategori beras premium atau beras medium. Beras premium ialah yang tingkat kepecahannya 5% ke bawah dan medium berkisar 5%-25%.

Catatan ketiga BPK ialah pada pengenaan bea masuk beras. Bea masuk untuk semua jenis beras ialah Rp450 per kg tanpa peduli jenisnya. Bahkan, beras yang diimpor Perum Bulog untuk stabilisasi harga pun harus membayar bea masuk yang sama.

Hingga berita ini diturunkan BPK masih melakukan audit importasi beras. Hadi belum bisa menceritakan temuan BPK karena tidak diperbolehkan UU BPK untuk membocorkan temuan pada publik. BPK masih melakukan pengumpulan data.

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/02/12/2/215470/BPK-Temukan-Tiga-Lobang-Impor-Beras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar