Senin, 24 Agustus 2015

Bulog Siap Pikul Tanggungjawab Komoditi Selain Beras



Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) menyatakan siap jika Bulog dikembalikan fungsinya seperti yang pernah diemban dulu yakni sebagai pemikul tanggung jawab atas komoditi pangan, bukan hanya beras. Pernyataan itu dikatakan Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti menanggapi pertanyaan anggota komisi VI dalam Rapat di ruang Komisi, Senin (24/8).

"saya hanya bisa menjanjikan insyaallah saya sanggup kalo memang harus kembali, dalam artian bulog akan menangani komoditi-komoditi lain di luar komoditi beras." ujar Djarot Kusumayakti.

Menurutnya saat ini Bulog memang telah melakukan fungsi tersebut, namun kerja bulog seperti dalam melakukan operasi pasar tidak bisa maksimal dikarenakan payung hukum yang terbatas.

"Hari ini yang ada payung hukum kuatnya hanya di komoditi beras. sehingga kalo kita bicara tentang operasi pasar maka operasi yang benar adalah operasi beras," terangnya.

Sementara, untuk operasi non beras seperti daging, cabai, atau bawang merah, selama ini yang dilakukan Bulog pada dasarnya bukanlah operasi pasar, melainkan hanya operasi pasar murah.

"Artinya kami tetap menjual dengan sedikit marjin yang masih pantas. Supaya bisa menjual dengan marjin yang pantas itu kami mencoba memotong beberapa mata rantai bisnis. Misalkan pada (harga) ayam, kami mengambil dari peternakan, memotong beberapa rantai sehingga masih ada selisih sedikit meskipun harganya sudah jauh lebih murah dari harga ayam di pasar." ungkap Djarot.

Kondisi tersebut, menurut Djarot, akan beresiko tinggi pada kerugian bahkan ketidak mampuan Perum Bulog dalam menghadapi situasi-situasi sulit.

"Pada saat kondisi terbalik. Seperti dimana harga jual cabai merah ditingkat petani sudah sangat tinggi. Waktu kami jual murah disini, kami tidak mampu melakukannya karena kami tidak ada anggaran, dana komersial kita tidak disiapkan untuk melakukan tindakan itu," tuturnya

http://www.monitorday.com/detail/12531/bulog-siap-pikul-tanggungjawab-komoditi-selain-beras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar