Rabu, 12 Agustus 2015

Ekonom UGM Bocorkan 5 Nama Menteri Baru yang Akan Masuk Kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan kabinet (reshuffle) dengan mengganti sejumlah menteri. Setidaknya ada 5 menteri yang beredar di kalangan ekonom yang bakal dirombak.

Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM) Tony Prasetiantono yang belum ini ke Istana mengatakan, reshuffle ini positif untuk menimbulkan efek positif di pasar, dan memang telah ditunggu-tunggu pasar.

Siapa saja nama yang beredar? Berikut informasi yang didapat Tony dan disampaikan kepada detikcom, Rabu (12/8/2015):

  1. Luhut Panjaitan menjadi Menko Polkam menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno. Menurut Tony, Luhut memiliki kemampuan diplomasi yang lebih bagus, dan dianggap lebih senior
  2. Darmin Nasution menjadi Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. Tony mengatakan, Darmin cocok karena ahli ekonomi makro.
  3. Sofyan DJalil sebagai Kepala Bappenas menggantikan Andrinof Chaniago. Menurut Tony, Sofyan memiliki keahlian lintas sektoral dan mengerti teknis hubungan antar lembaga, sehingga cocok di Bappenas ketimbang menjadi Menko Perekonomian.
  4. Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo. Tony beranggapan, butuh orang yang kontroversial untuk posisi Menko Maritim, karena lembaga baru.
  5. Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Rachmat Gobel. Menurut Tony, Thomas cocok karena berpengalaman di sektor perdagangan.

"Menurut saya, isu reshuffle positif di tengah situasi saat ini. Ekspektasi pasar memang ingin reshuffle, dan pelaku pasar berharap akan ada harapan baru. Dengan menteri baru yang lebih kompeten dan tidak salah nama," ungkap Tony.

Tony yakin dengan reshuffle ini, alasannya reshuffle ini bisa menimbulkan sentimen positif di pasar keuangan. "Jokowi janji setelah lebaran akan reshuffle," jelas Tony.
(dnl/tor)

http://news.detik.com/berita/2989763/ekonom-ugm-bocorkan-5-nama-menteri-baru-yang-akan-masuk-kabinet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar