Minggu, 22 November 2015

Selain Beras, Bulog akan Urus Jagung Hingga Garam di 2016

Perum Bulog akan diperluas kewenangannya mulai tahun depan, ada 11 komoditas yang nantinya diurus oleh BUMN penjaga pangan ini. Selain beras, Bulog akan mengelola stok jagung, kedelai, gula, daging sapi, ikan, garam, cabai, ayam, bawang merah dan bawang putih.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro mengatakan perluasan ini akan dilandasi dengan Instruksi Presiden‎ (Inpres) yang rencananya diterbitkan dalam waktu dekat.

"Sambil‎ menunggu Inpres akan diperluas kewajiban menjadi 11 bahan pokok. Inpres sekarang masih dikonsepkan antar Kementerian untuk diharmonisasi," ujarnya di Kapal KM Kelud, Semarang, Minggu (22/11/2015)

Bulog akan dibantu oleh beberapa BUMN yang bergerak di masing-masing komoditas, misalnya untuk komoditas jagung, maka Bulog kerja sama dengan PT Perhutani II.

"‎Perhutani tahun depan bisa 1,2 juta ton. Jadi dari semula nggak ada, bisa 1,2 juta ton. Nanti didetilkan lagi kerjasamanya," kata Wahyu.

‎Begitu juga dengan komoditas lainnya, BUMN yang terlibat sudah bersepakat untuk segera membantu fungsi dari Bulog. Sehingga program sinergi dari BUMN tidak hanya lagi sekedar wacana.

"Ini dalam rangka memperluas aspek Bulog melalui sinergi. Jadi ditekankan Bu Menteri (Rini Soemarno) supaya kita menggali potensi yang ada di BUMN, supaya kita bisa mendukung tugas dan fungsi Bulog ke depan," katanya.

 http://finance.detik.com/read/2015/11/22/184940/3077489/4/selain-beras-bulog-akan-urus-jagung-hingga-garam-di-2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar