Jumat, 07 Maret 2014

Kades Tanjung Rejo Jual Raskin Diatas HET

Warga Desa Tanjung Rejo Kecamatan Margo Tabir mengeluhkan harga beras untuk masyarakat miskisn (raskin) yang dijual dengan harga di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Sarko.
 
Informasi yang berhasil dihimpun, aparat Desa Tajung Rejo menjual Raskin dengan harga Rp 2 ribu perkilogram. Padahal, Bulog telah menetapkan bahwa HET Raskin di Desa Tanjung Rejo adalah Rp 1.600 perkilogramnya.

Menariknya, ketika dikonfirmasi, Kepala Desa Tanjung Rejo, Marsono mengaku tidak mengetahui berapa harga Raskin yang disalurkan ke masyarakat.

Ia beralasan bahwa, dirinya tengah mengikuti Diklat di Jambi. Sementara untuk penetapan harga Raskin sudah diserahkan kepada Kaur Pemerintahan dan Kepala Dusun Desa Tanjung Rejo.

"Wah, Saya tidak tahu berapa harga Raskin yang dijual ke masyarakat. Sebab, soal harga Raskin dan penyalurannya sudah Saya serahkan kepada Kaur Pemerintahan dan Kepala Dusun. Harganya disesuaikan dengan sebelumnya. Saya sekarang masih di Jambi mengikuti Diklat," ujar Marsono ketika dikonfirmasi melalui handphone.

Dijelaskan, jatah raskin untuk Desa Tanjung Rejo sebanyak 10 ton persemester dengan 121 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Setiap RTS kemudian mendapat jatah sebanyak 15 kilogram Raskin.

"Penyaluran raskin sudah dilakukan sekitar 5 hari yang lalu. Tapi, Saya tidak tahu berapa harga yang telah disepakati oleh Kadus dan Kaur. Nanti Saya konfirmasi ke mereka," tambah Marsono.

Terpisah, ketika dikonfirmasi, Kaur Pembangunan Desa Tanjung Rejo, Yusmiran justru memberikan keterangan berbeda dan berbelit-belit. Meski demikian, Yusmiran tidak menampik jika harga Raskin di Desa Tanjung Rejo dipatok Rp 2 ribu perkilogram.

"Iya, harganya memang Rp 2 ribu perkilo. Tapi itu sudah kesepakatan dengan Kepala Desa," ujar Yusmiran sekaligus menampik pernyataan Marsono.

Menurutnya, itu sudah kesepakatan dengan desa,  yang Rp 400 perkilonya untuk beli plastik sama biaya operasional. 

"Eh untuk Kas desa, maksudnya untuk operasional," sebutnya berbelit-belit sembari mengaku bahwa kesepakatan itu tidak diketahui oleh Camat maupun pemerintah Kabupaten dan Perum Bulog.

Hal senada juga diutarakan oleh Kadus Tanjung Rejo, Parman.
"Iya, harga raskin perkilogram itu Rp 2 ribu. Dari Bulog memang cuma Rp 1.600, tapi kelebihannya untuk operasional," singkatnya. 

http://infojambi.com/ekobis/9707-kades-tanjung-rejo-jual-raskin-diatas-het.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar