Jumat, 18 September 2015

Bulog Bangun Cold Storage Daging di 2016

Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti berencana membangun cold storage atau gudang penyimpanan untuk daging pada 2016. Pembangunan cold storage ini merupakan hasil dari kunjungan dirinya bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu ke Dubai.

"Saya sampaikan apa yang saya lihat di sana dan menurut saya bagus, mungkin suatu saat kita harus punya sesuatu yang terintegrasi yang bisa meringankan pekerjaan saudara-saudara kita di pertanian sehingga mereka hanya produksi saja," kata Djarot di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Djarot menyebutkan, saat ini Bulog bersama pemerintah tengah melakukan kajian untuk membangun cold storage yang terintegrasi. Kajian ini bertujuan untuk memastikan bahwa pembangunan cold storage ke depan benar-benar bermanfaat.

"Saya sangat berharap tahun depan mulai bergerak," tambahnya.

Saat ini, kata Djarot, pihak Bulog tengah melakukan kajian mengenai kapasitas, area pembangunan dan sumber produksinya, hingga pergerakan barang tersebut.

Menurut Djarot, wilayah pertama yang berpotensi akan dibangunnya cold storage ini adalah DKI Jakarta, mengingat konsumsi beberapa produk pangan seperti daging sangat besar jumlahnya.

"Ya kan penduduk terbesar di Jakarta untuk sebuah kota. Sehingga kalau Jakarta diamankan kan mungkin lebih smooth di tempat lain," ujarnya.

Mengenai dana investasi, Djarot mengharapkan, masih menggunakan anggaran yang dimiliki Perum Bulog sendiri. Bulog sendiri telah mengajukan PMN dalam RAPBN 2016. Namun, dirinya masih belum mengetahui berapa total investasi yang dibutuhkan untuk membangun cold storage.

"Belum, wong saya masih hitung per kapasiti kan. Itu bisa untuk daging, untuk ayam, ikan, bisa untuk hortikultura dan sebagainya," tandasnya.

http://economy.okezone.com/read/2015/09/18/320/1216596/bulog-bangun-cold-storage-daging-di-2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar