Kamis, 15 Januari 2015

Rencana Jokowi 2015: Bikin 'Bank Infrastruktur' Hingga Suntik Modal ke Puluhan BUMN

Tahun ini, pemerintah pimpinan Joko Widodo (Jokowi) berencana memberikan suntikan dana besar-besaran ke BUMN. Anggaran suntikan berupa penyertaan modal negara (PMN) ini bakal mencapai Rp 75 triliun.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, anggaran PMN Rp 75 triliun ini naik dari Rp 7,3 triliun di APBN 2015. Untuk apa saja?

Rencana besar pemerintahan Jokowi adalah menggenjot pembangunan infrastruktur di Indonesia. Karena itu, dari Rp 75 triliun, sebesar Rp 18 triliun akan diberikan kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau disingkat SMI.

SMI, ujar Bambang, akan dibuat menjadi seperti bank infrastruktur. Bedanya, SMI tidak menarik dana dari nasabah seperti bank.

"Ini menjawab soal bank infrastruktur, kita jadikan SMI seperti itu, lembaga pembiayaan infrastruktur," kata Bambang dalam pertemuan bersama Pemimpin Redaksi media massa di rumah dinasnya, Widya Chandra, Jakarta, Rabu malam (14/1/2015).

Jadi, SMI ini digunakan untuk menjawab kebutuhan pembiayaan infrastruktur yang tidak bisa diberikan oleh bank. "Sehingga infrastruktur oleh swasta bisa berkembang," kata Bambang.

Sisa dana PMN tersebut akan diberikan ke berbagai BUMN yang jumlahnya puluhan. Bambang menuturkan, BUMN yang mendapat suntikan modal adalah Perum Bulog, Pertani, Sang Hyang Seri, Perikanan Nusantara, Perum Perikanan Indonesia, PT Garam, Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, PTPN VII, PTPN IX, PTPN X, PTPN XI, Permodalan Nasional Madani (PNM), Angkasa Pura II, ASDP, Pelni, Jakarta L'loyd, Hutama Karya, Permunas, PT Dirgantara Idnonesia, PT PIndad, PT Kereta Api Indonesia (KAI), Perusahaan Pengelola Aset (PPA), Pelindo IV, Krakatau Steel, BPUI, PT PAL.

Ada juga BUMN yang terdaftar di bursa saham, yaitu PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Aneka Tambang Tbk (Antam), dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Untuk BUMN berstatus terbuka ini, penyuntikan modal melalui mekanisme rights issue.

http://finance.detik.com/read/2015/01/15/090924/2803840/4/rencana-jokowi-2015-bikin-bank-infrastruktur-hingga-suntik-modal-ke-puluhan-bumn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar